Saya dan Pendidikan


 Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan ini untuk memajukan sebuah negara. Karena pentingnya pendidikan, pemerintah Indonesia juga membuat program wajib belajar 9 tahun agar anak-anak di Indonesia dapat merasakan manfaat dan indahnya hidup dengan adanya pendidikan. Berdasarkan survei tentang peringkat pendidikan di dunia yang dilakukan oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), Indonesia menempati urutan ke-57 dari 69 negara. Fakta ini menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong sangatlah rendah. Jika direnungi lagi, banyak hal yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, diantaranya yaitu:

Pertama, rendahnya minat baca di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa minat baca juga mempengaruhi kualitas pendidikan di suatu negara. Minat baca merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mencerdaskan bangsa ini. Indonesia seharusnya membudayakan membaca dengan cara mewajibkan membaca kepada para pelajar setiap hari.

Kedua, sarana dan prasarana yang masih belum merata. Seperti banyak yang kita lihat di pemberitaan nasional, baik melalui media sosial maupun media cetak bahwa masih banyak sekolah yang kurang guru, tidak memiliki gedung yang layak, kurangnya sarana dan prasarana di sekolah. Padahal banyak anak-anak di daerah terpencil ingin mendapatkan pendidikan layaknya anak-anak yang lain. Bahkan ada beberapa dari mereka harus melawan maut dengan menyeberang sungai, jembatan yang tidak layak dan menempuh perjalanan yang jauh hanya untuk menimba ilmu dan berharap akan berubahnya masa depan bangsa ini.

Ketiga, kurangnya kesadaran akan arti guru dan siswa. Ada sebagian guru yang salah memaknai kata guru. Bagi sebagian dari mereka, arti guru hanyalah sebatas mengajar di dalam kelas. Setelah mengajar, maka lepaslah tanggung jawab si guru. Padahal tugas seorang guru tidak hanya sebatas sebagai pengajar yang mengajarkan materi di dalam kelas saja, namun juga sebagai pendidik. Sebagai pendidik, cara guru bersikap sehari-hari baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan pengalaman dari guru merupakan sebuah ilmu yang sangat berarti bagi siswanya. Oleh karenanya, guru haruslah memberikan contoh teladan yang baik.

Tidak hanya itu, beberapa guru di Indonesia juga masih mengartikan bahwa guru lebih berkuasa daripada siswa. Murid haruslah selalu megikuti apa yang dikatakan oleh guru, guru kurang bersikap terbuka kepada muridnya dan guru masih terpaku kepada buku teks. Guru harusnya membiarkan siswa untuk bersikap lebih kritis, apalagi sekarang Indonesia menggunakan kurikulam 2013 dimana siswa harus lebih aktif dari pada guru.

Sementara siswa salah mengartikan arti kata sekolah bagi mereka. Berbeda halnya dengan anak-anak yang kurang mampu dan berada didesa terpencil. Banyak anak-anak yang mendapatkan pendidikan yang layak malah kurang menyadari akan pentingnya pendidikan. Mereka hanya menganggap kesekolahsebagai kewajiban saja, bukan sebagai suatu kebutuhan. Akibatnya, banyak anak-anak sekarang yang malas belajar, bolos kesekolah, melakukan tawuran dan bahkan mereka mengalami pergaulan bebas atau tepatnya salah pergaulan.Padahal, pemerintah telah menerapkan kurrikulum 2013 dimana kurikulum tersebut berpusat untuk memperbaiki karakter siswa. Akan tetapi dalam implementasinya malah berbanding terbalik dengan yang di harapkan. Murid bisa bertindak seenaknya, karena guru sekarang harus berhati-hati dalam memarahi muridnya. Bahkan guru harus masuk penjara karena menegur dan mengajarkan muridnya untuk bersikap lebih baik.


Mari kedepannya kita sebagai masyarakat Indonesia, khususnya bagi para pendidik dan para pelajar agar dapat membuat pendidikan di Indonesia lebih maju dan dapat bersaing di Tingkat Internasional. Kita harus yakin, dengan satu tekad dan tujuan yang sama bahwa kita mampu membangun Indonesia yang lebih baik.

Menurut saya, saya berhak untuk mendapatkan hadiahnya karena saya merupakan orang yang pekerja keras. Apapun yang saya lakukan, maka akan saya lakukan yang terbaik. Saya ingin memberikan karya yang terbaik dan ilmu yang bermanfaat bagi pembaca. Saya harap ini sangat berguna kepada masyarakat.

 

Karya tulis oleh Vera Maulidan

Tema Pendidikan di Indonesia

Editor : Tim Mata Indonesia


Leave a comment