Pendidikan bagi Generasi Indonesia


 Indonesia merupakan negara yang dikenal kaya akan sumber daya alam (SDA) yang melimpah,kekayaan ini akan terbuang sia-sia apabila pemanfaatannya tidak didasari dengan ilmu pengetahuan. Artinya ilmu pengetahuan itu sangat penting bagi setiap insan manusia yang hidup bergantung pada alam,kebutuhan manusia yang tidak terbatas dihadapkan dengan SDA yang terbatas meskipun itu melimpah. Sumber daya manusia (SDM) masih sangat dibutuhkan di negara kita tercinta ini,untuk itu kualitas SDM yang tinggi akan tercapai melalui program pendidikan.

Di Indonesia pemerintah mewajibkan setiap anak untuk menempuh pendidikan minimal 12 tahun,alasannya untuk membentuk kualitas SDM yang dapat meraih masa depan yang cemerlang terutama bagi negara Indonesia sendiri.

Pendidikan sangat penting untuk membangun generasi penerus bangsa yang dapat memanfaatkan SDA yang tersedia dengan baik serta dapat menjaganya dari berbagai ancaman luar,dan sebagai wujud pertahanan sebuah negara terhadap dampak globalisasi yang terjadi saat ini.

Meskipun pemerintah sudah banyak mendirikan sekolah-sekolah gratis di berbagai belahan penjuru nusantara,masih banyak diantara masyarakat yang tidak berkesempatan untuk memperoleh pendidikan karena keterbatasan ekonomi,dan juga akses untuk mendapatkan pendidikan sangat sulit didapatkan untuk daerah-daerah pelosok . Untuk itu masih banyak program pemerataan pendidikan di Indonesia yang belum tercapai.

Kita sebagai generasi muda harus dapat memanfaatkan semua ilmu yang didapat dari guru kita,ilmu yang dapat membuat kita berpikir kritis untuk masa depan bangsa,untuk tidak terus-menerus berada dibawah tekanan negara-negara luar,untuk dapat membuat pandangan dunia luar bahwa Indonesia bukan sesuatu hal yang dapat mereka kalahkan atau mereka kuasai.


Negeri ini memang merdeka,tetapi apakah kalian sadar bahwa saat ini kita sedang dijajah dalam segi ekonomi, banyak orang yang dipekerjakan oleh negara lain di negaranya sendiri,orang-orang hebat di negeri ini juga diambil oleh negara lain untuk dimanfaatkan keahliannya.Kenapa harus dipekerjakan orang lain? Apa kitatidak mau kaya dinegeri sendiri?

Dengan berbagai kemampuan yang kalian miliki saat ini, itu merupakan penopang kelangsungan hidup Indonesia di masa depan kawan.

Sadar atau tidak banyak orang yang berpendidikan di luar negeri yang menginvestasikan beberapa sahamnya di Indonesia,bahkan tidak sedikit pula masyarakat luar negeri yang tinggal di negeri kita ini,para wisatawan pun datang ke Indonesia sudah memiliki maksud lain selain berwisata,jangan sampai mereka menguasai negeri ini kawan,kita harus lebih terdidik dibanding mereka,selamatkan negara kita dari uang mereka, karena bukan hanya uang yang kita perlukan,melainkan kesejahteraan sosial.

Seluruh orang yang memiliki pendidikan akan berpandangan lurus kedepan,mencoba untuk meningkatkan taraf hidupnya masing-masing,wahai insan terdidik di Indonesia mari kita giat dalam menimba ilmu melalui program pendidikan,kita rangkul para rekan-rekan kita untuk sejahtera bersama, kita ciptakan lowongan kerja dimasa depan,kita perkecil masalah sosial yang terjadi saat ini seperti perilaku anarkis,bahkan yang bersifat komunis.

Indonesia negeri yang kaya kawan, SDA yang melimpah akan terus berkurang jika bukan kita yang melestarikannya, pendidikan membuat kita untuk peduli terhadap lingkungan agar anak dan cucu kita kelak dapat hidup di masa yang akan datang , mari kita bantu program pendidikan yang diselenggarakan pemerintah ,karena dari kita,oleh kita,dan untuk kita.

Iya kita,seluruh bangsa Indonesia.

Sepertinya saya layak untuk mendapatkan hadiah dari Faber Castell karena sebuah hadiah akan membuat seseorang untuk terus meningkatkan keterampilan yang ia miliki,bukan begitu kawan?

 

Karya tulis dari Lutfiadi Karimah

Tema Pendidikan di Indonesia

Editor: Tim Mata Indonesia


Leave a comment