Paradigma Pendidikan Tinggi


Dewasa ini, indonesia sedang dihadapkan kepada masalah pendidikan, dimana pendidikan harus dimiliki oleh setiap individu. Bagi yang lulus Sekolah Menengah. Atas tentunya bersyukur meskipun terhadang dengan melanjutkan pendidikan tinggi. Karena dengan melanjutkan pendidikan tinggi membutuhkan kecerdasan tinggi, waktu yang banyak, dan biaya yang tidak sedikit. Begitu keras perjuangan untuk mengenyam pendidikan tinggi, tetapi jika memiliki kemampuan dan tekad yang kuat tiap orang, maka tidak ada halangan dan rintangan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi sebagai tingkat pendidikan yang menghasilkan dan mempersiapkan mahasiswa untuk terjun sebagai anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional. Di indonesia ada banyak perguruan tinggi seperti universitas, institut, akademik, politeknik, dan sekolah tinggi. Pendidikan tinggi ditujukan untuk mengembangkan peserta didik agar memiliki kemampuan akademis dan mampu membuat perubahan di masyarakat. Pendidikan tinggi juga memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga kerja cakap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup. Sebuah keharusan bahwasanya masyarakat mengedepankan pendidikan sebagai satu kesatuan yang terpisahkan dalam kehidupan.

Sekarang kita melihat kondisi ketenagakerjaan di indonesia, pengangguran lulusan perguruan tinggi sangat tidak jarang kita temui. Di sisi lain, kita juga melihat pengusaha-pengusaha sukses yang hanya dengan pendidikan dasar. ini mengindikasikan bahwa pendidikan tinggi kurang menjamin kesuksesan seseorang, karena sistem pendidikan di Indonesia hanya menciptakan pekerjaan, bukan lapangan pekerjaan.

Seperti yang kita ketahui tidak semua lulusan perguruan tinggi terserap di dunia pekerjaan. Dari permasalahan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pendidikan tinggi hanya membuang tenaga, pikiran, dan biaya. Masyarakat kelas menengah kebawah akan kurang mempercayai bahwa mengubah nasib seseorang dengan mengenyam pendidikan tinggi.

Pendidikan indonesia masih berfokus mempelajari sebuah teori dan praktik kerja, tetapi bagaimana bisa menghasilkan sebuah lapangan pekerjaan masih sedikit. Harapannya adalah sistem pendidikan indonesia selain menciptakan calon pekerja yang profesional dan kompeten tapi juga menitik beratkan bagaimana cara menciptakan lapangan pekerjaan atau kewirausahaan. Karena dalam kewirausahaan terkandung kreativitas, inovasi, dan tidak takut resiko. Ini penting bagi masyarakat dan kemajuan negara Indonesia.

Seharusnya saya layak mendapatkan hadiah. Karena karya tulis ini ditulis berdasarkan pengalaman fakta dan diharapkan dapat mengubah indonesia lebih maju dalam menghadapi masalah persaingan global dan menyambut generasi emas indonesia 2045.

 

Karya Tulis dari Sarjuki

Tema Pendidikan di Indonesia

Editor Tim Mata Indonesia


Leave a comment