Tarian Tanjung Menangis


          Salah satu kisah sangat terkenal di Sumbawa yang dituangkan dalam sebuah tari yang berjudul tarian Tanjung Menangis. Sebuah tarian yang menceritakan kisah seorang putri raja yang terkena penyakit aneh dan pada saat itu tidak ada satupun rakyat Sumbawa yang bisa menyembuhkan penyakit yang dialami sang putri. Seluruh tabib dari penjuru nusantara sudah diundang untuk menyembuhkan penyakit sang putri tapi tetap saja tidak membawakan hasil. Tidak mau berputus asa, akhirnya sang Raja mengadakan seyembara ke seluruh penjuru negeri yang bisa menyembuhkan putrinya maka untuk seorang perempuan akan dijadikan saudara sang putri dan untuk laki laki akan dinikahkan dengan sang putri. Berita itupun tersebar keseluruh pelosok negeri tidak hanya di Sumbawa, bahkan sampai ke tanah Sulawesi.

          Beramai-ramai penduduk datang untuk memenangkan seyembara tersebut. Diantara banyaknya peserta sayembara yang terdiri dari pemuda tampan, terlihat seorang kakek tua renta ikut berpartisipasi dalam sayembara tersebut .Dia berasal dari negeri Ujung Pandang dan memperkenalkan dirinya dengan nama Daeng Ujung Pandang. Semula penduduk tidak menghiraukan dan seakan tidak percaya dengan kakek tua ini. Atas izin Allah SWT, akhirnya putri sang Raja sembuh seketika.

          Sesuai dengan janji, Daeng Ujung Pandang meminta hadiah dari sang Raja. Karena melihat kondisi kakek tua renta, akhirnya Raja mengubah janjinya untuk mengambil semua hartanya asalkan tidak menikahi putrinya. Kakek tua ini merasa dibohongi oleh sikap sang Raja.

          Akhirnya dengan berat hati, kakek tua ini pulang dengan sejuta kekecewaan. Ia pulang kembali ke Ujung Pandang mengunakan sampan kecil yang dilabuhkan di sebuah tanjung  Putri pun mengejar kakek tua itu karena merasa iba dan kecewa dengan sikap sang Raja. Sesampainya putri di pelabuhan, saat itu pula Daeng Ujung Pandang mulai menaiki sampan. Lagi-lagi dengan kekuasaan Allah SWT, dengan seketika kakek tua renta berubah menjadi pangeran yang sangat tampan saat menginjakkan kaki diatas sampannya. Sang putri menangis. Di atas sampan, sang pemuda tampan tersebut melantunkan tembang lawas kepada sang puteri :

Kumenongsia  sengosiaintan e
Leng poto tanjung menangis
Kupendi onang kukeme

          Sang putri berlari ke tengah laut menyusul perahu Daeng Ujung Pandang dan tanpa disadari sang putri mulai tenggelam. Putri Raja meninggal seketika. Itulah asal usul tempat ini dinamakan Tanjung Menangis. Setiap acara besar seperti Festival Moyo, selalu ditampilkan kisah Tanjung Menangis dalam bentuk tarian.

          Kenapa kita sebagai anak Indonesia harus melestarikan budaya Indonesia? Karena budaya adalah salah satu aset terpenting daerah dimana didalamnya tersimpan begitu banyak cerita dan sejarah. Negara tanpa budaya adalah negara miskin.

          Kita sebagai anak Indonesia harus melestarikan budaya Indonesia karena tidak hanya di zaman ini saja budaya diperlukan. Sampai akhir zaman pun, budaya akan terus dibutuhkan. Entah dalam proses belajar-mengajar maupun seni yang ingin menceritakan kisah suatu tempat dan setiap daerah di Indonesia mempunyai keanekaragaman sejarah yang unik. Apa jadinya Indonesia tanpa adanya budaya?

Kenapa saya layak mendapatkan hadiah spesial dari faber castell dan kaus keren mata indonesia ?

  • Karena saya yakin karya saya akan dinikmati oleh siapapun apalagi kisah saya diangkat adalah adanya wisata tanjung menangis yang mendukung cerita ini
  • Karena dengan adanya kompetisi ini saya lebih memahami cerita rakyat dari daerah sendiri
  • Karena kompetesi ini membuat saya untuk harus menulis

 

Karya tulis dari Ogi Nopandi (Universitas Brawijaya)

Tema Kebudayaan Tari Indonesia

Dukung artikel ini dengan memberikan komentar terbaik yang di akhiri dengan hashtag #taritanjungmenangis #lombamataindonesia2017

Contoh : "Artikelnya sangat menarik dan semoga sukses! #taritanjungmenangis #lombamataindonesia2017"

Satu komentar terbaik, akan mendapatkan kaus keren Mata Indonesia. Selamat membaca!

Editor : Tim Mata Indonesia


2 comments


  • ahmad arinal haq

    selamat..ditunggu karya selanjuntnya ogino
    #tariantanjungmenangis #lombamata indonesia2017


  • Audia nurhumairoh

    Semangat gik dan terus berkarya tanpa lelah #taritanjungmenangis #lombamataindonesia2017


Leave a comment