1001 Pesona Tari Pendet Bali


          Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya, bukan hanya dari sumber daya alamnya, tapi juga dari keragaman budayanya. Pelangi, itulah sebutan yang paling cocok untuk Indonesia dengan beragam kebudayaan yang mewarnainya dan tari Pendet merupakan salah satu warna dari pelangi Indonesia. Tulisan 1001 pesona tari Pendet Bali akan menceritakan tentang panorama keindahan tari Pendet Bali.

          Tari Pendet berasal dari daerah Bali. Tarian ini pada awalnya digunakan sebagai pelengkap dalam upacara Piodalan yang diselenggarakan di pura atau tempat suci orang Bali. Piodalan berasal dari kata odal yang berarti perayaan yang diadakan setiap tahun di dalam pura. Tarian Pendet meupakan salah satu wujud rasa syukur, hormat, dan suka cita orang Bali saat menyambut kedatangan para dewata yang turun dari kahyangan.

          Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi tari pendet selain sebagai upacara keagamaan juga sebagai hiburan yang biasanya ditampilkan dalam rangka menyambut tamu. Menurut catatan sejarah I Wayan Rindi adalah seorang Maestro yang telah menciptakan tari Pendet Bali pada tahun 1967. Kata Pendet berasal dari kata mendet-mendak yang berarti menyambut, sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu yang datang di Bali masyarakat menyambutnya dengan tarian Pendet.

          Tari Pendet biasanya dibawakan oleh 5 penari wanita. Kostum yang digunakan para penari meliputi hiasan kepala dan pakaian adat. Hiasan kepala terdiri dari mahkota yang biasanya berwarna gold atau emas dan sebagai pelengkap digunakan berbagai macam bunga (bunga kamboja, mawar, cempaka, dll) untuk menambah keindahan mahkota nan mempercantik penarinya. Adapun pakaian adat yang digunakan penari Pendet meliputi : kemben, merupakan pakaian yang digunakan untuk menutupi badan, warna yang digunakan biasanya merah dan gold. Tapih, merupakan kain jarik yang digunkan sebagai bawahan, biasanya bermotif batik crap-crap dan sebagai talinya digunakan stagen untuk mengencangkan tapih. Selendang merupakan kain panjang yang dililitkan pada tubuh penari, warna yang digunakan biasanya merah dan kuning. Gelang merupakan pernik tambahan yang digunakan oleh penari untuk menambah keserasian dan kecantikan penarinya, gelang ini biasanya terbuat dari perak yang dilapisi dengan emas.

          Alangkah cantiknya penari Pendet dengan hiasan mahkota kuning dilengkapi bunga kamboja, mawar, dan cempaka, dengan kostum dominan warna merah dan kuning menambah pesona bagi siapa saja yang melihatnya. Selain kostum yang khas dari tari Pendet, terdapat bokor (nampan) yang dibawa oleh penari ditangan kanan. Bokor dihiasi dengan janur kuning dan berisikan berbagai macam bunga yang nantinya akan ditaburkan didepan para tamu undangan sebagai bentuk penghormatan dan ucapan selamat datang.

          Kostum yang mempesona dilengkapi dengan gelang dan bokor yang semakin menambah pesona tari Pendet, ditambah dengan gerakan penari yang lincah dan gemulai menambah rasa gregetan bagi siapapun orang yang melihatnya. Gerakan tari Pendet melibatkan seluruh anggota badan. Mulai dari mata, kepala, leher, jari-jari, tangan, badan dan kaki. Diantara tujuh anggota badan dalam gerakan tari Pendet, gerakan matalah yang menjadi ciri khas dari tarian ini. Gerakan mata yang melirik kekanan dan kekiri merupakan salah satu gerakan yang dapat membedakan tari pendet dengan tari lainya yang ada diIndonesia. Tarian Pendet dapat dikenali dengan gaya lirikan yang tajam dari penarinya. Keunikan gaya tari Pendet inilah yang menjadi salah satu faktor yang dapat menarik wisatawan domestik maupun luar negeri untuk berkunjung ke Bali dan menyaksikan seni pertunjukan tari Pendet.

          Demikian tapak kilas 1001 pesona tari pendet Bali yang dapat menambah warna dalam pelangi keragaman budaya Indonesia. Semoga tulisan ini dapat menambah kecintaan kita terhadap budaya bangsa Indonesia, sehingga akan tetap lestari budaya Indonesia.

          Dan saya layak untuk mendapat hadiah spesial dari Faber Castell dan kaus keren mata Indoneisa, karena saya merupakan salah satu dari sekian ribu generasi emas Indonesia yang nantinya akan membawa perubahan besar pada Indonesia. Faber castell dan kaus Mata Indonesia merupakan produk yang berkualitas. Selain itu saya layak mendapatkan hadiah dari Faber Castell dan kaus Mata Indonesia karena saya juga merupakan salah satu dari sekian ribu generasi Indonesia yang berkualitas.

 

Karya tulis dari Hidayat Duriyat (Universitas Negeri Malang)

Tema Kebudayaan Tari Indonesia

Dukung artikel ini dengan memberikan komentar terbaik yang di akhiri dengan hashtag #taripendet #lombamataindonesia2017

Contoh : "Artikelnya sangat menarik dan semoga sukses! #taripendet #lombamataindonesia2017"

Satu komentar terbaik, akan mendapatkan kaus keren Mata Indonesia. Selamat membaca!

Editor : Tim Mata Indonesia


62 comments


  • Faizun Nafisah

    Artikelnya sangat menarik untuk dibaca
    Semoga membawakan hasil kak
    #taripendet
    #lombamataindonesia2017


  • Agus Budiono

    Tari pendet didalamnya terdapat seribu keindahan didalamnya
    #taripendet
    #lombamataindonesia2017


  • Luluk Annisak

    Bagus bagussss
    Semangat
    Mangatttt kakak
    Semoga beruntung
    #taripendet
    #lombamataindonesia2017


  • Maulana

    Semoga beruntung,
    Semangat
    Mantap jiwa
    Good job
    #taripendet
    #lombamataindonesia2017


  • Maulana

    Semoga beruntung,
    Semangat
    Mantap jiwa
    Good job
    #taripendet
    #lombamataindonesia2017


Leave a comment